Psikologi Perkembangan (Pengertian, Tujuan, dan Manfaat)



   PSIKOLOGI PERKEMBANGAN


         A.  Pengertian Psikologi Perkembangan
  •    Pengertian psikologi secara etimologi, berasal dari kata “psyche” artinya jiwa dan “logos” artinya pengetahuanJadi, arti harafiah dari istilah psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa manusia, atau disingkat dengan ilmu jiwa.[1]

  • Psikologi secara terminologi, “Psychology is the science of human behavior”. (Mc. Dougall) Yang di maksud “human behavior” adalah “The Activities of the individual”, yaitu semua bentuk tingkah laku yang merupakan kegiatan individu, baik yang bersifat motoris, kognitif, maupun emosional. Menurut Crow and Crow, “human behavior” bukanlah kegiatan yang timbul dengan sendirinya, tapi tingkah laku dapat terjadi bukan hanya karena adanya faktor dorongan dari dalam diri individu, tapi juga karena adanya pengaruh dari kondisi lingkungan, termasuk karena hubungannya dengan orang lain. Jadi, psikologi didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku atau kegiatan psikis (mental) individu dalam hubungannya dengan lingkungannya.[2]

  • Developmental Psychology (Psikologi Perkembangan), Ialah bagian dari psikologi yang secara khusus mempelajari pertumbuhan dan perkembangan fisik, kognitif, maupun psiko-sosial manusia sejak masa konsepsi sampai kematiannya.[3]

    B. Tujuan Mempelajari Psikologi Perkembangan
Elizabeth B. Hurlock (1980) menyebutkan enam tujuan psikologi perkembangan, yaitu:
a.      Menentukan perubahan-perubahan apakah yang terjadi pada usia yang umum dan yang khas dalam penampilan, perilaku, minat, dan tujuan dari masing-masing periode perkembangan.
b.     Menemukan kapan perubahan-perubahan itu terjadi.
c.      Menemukan sebab-sebabnya.
d.     Menemukan bagaimana perubahan itu mempengaruhi perilaku.
e.      Menemukan dapat atau tidaknya perubahan-perubahan itu diramalkan.
f.      Menemukan apakah perubahan itu bersifat individual atau universal.[4]

    C. Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan
Mempelajari psikologi perkembangan dapat memberikan manfaat bagi para pendidik, sebagai berikut:
a.      Dengan memahami psikologi perkembangan, dapat diketahui/ditentukan apakah tingkah laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia/perkembangannya.
b.     Pemahaman tentang psikologi perkembangan juga berguna untuk mengetahui tingkat kemampuan individu pada setiap fase perkembangannya, sehingga pendidik tidak menuntut terlalu tinggi/berat atau terlalu sedikit/ringan dari seorang individu pada usia tertentu.
c.      Psikologi perkembangan berguna bagi kita sebagai bekal untuk dapat mengetahui kapan kita perlu memberikan stimulus tertentu dan kapan kita tidak boleh memberikannya pada tingkat perkembangan tertentu.
d.     Psikologi perkembangan juga berguna bagi kita agar dapat mengadakan persiapan-persiapan dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi anak, sehingga kita dapat mempersiapkan diri untuk membimbingnya ke arah sasaran yang tepat agar dapat membantu mencapai keberhasilan hidupnya kelak.
e.      Khusus bagi guru, pengetahuan psikologi perkembangan sangat berguna:
1)     Mereka dapat memilih dan memberikan materi pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik pada tiap tingkat perkembangan tertentu.
2)     Mereka dapat memilih metode pengajaran dan menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan pemahaman murid-murid mereka.[5]

    Dalil nash tentang pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada manusia:

  Tahapan yang tertjadi dalam pertumbuan dan perkembangannya bukan karena suatu kebetulan namun merupakan sesuatu yang telah dirancang, ditentukan dan ditetapkan langsung oleh Allah. Banyak ayat Alquran yang menyatakan hal ini. Salah satunya sebagai berikut:
... dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan segalanya dengan ukuran-ukuran dengan serapi-rapinya.(QS. Al-Furqaan 25:2)

Pertumbuhan & perkembangan manusia tidak terjadi serta merta dalam satu waktu, namun melalui tahapan yang telah ditentukan ukurannya yang membuatnya berjalan dalam proses yang  berangsur-angsur atau gradual. Ayat berikut ini dengan jelas menyatakan bahwa manusia diciptakan dan ditentukan untuk berkembang dalam tahapan.

Mengapa kamu tidak percaya kepada kebesaran Allah? Padahal Dia sesungguhnya telah menciptakan kamu dalam beberapa tingkatan kejadian. (QS. Nuh 71:13-14)



               [1]Agoes Dariyo,” Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama “, Cet. Ke-2, (Bandung: PT Refika Aditama, 2011), hlm. 3.
               [2]M. Alisuf Sabri, “Pengantar Psikologi Umum & Perkembangan”, Cet. Ke-4, ( Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya, 2006), hlm. 3-4. 
               [3]Agoes Dariyo,” Psikologi Perkembangan Anak......, hlm. 4.
               [4]Desmita, “Psikologi Perkembangan”, Cet. Ke-9, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015), hlm. 10.
               [5] M. Alisuf Sabri, “Pengantar Psikologi Umum &.......... hlm.135-136.

Comments

Popular posts from this blog

TUMBUHAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN SAINS

KONSEP DASAR KEPEMIMPINAN (Pengertian, Teori, dan Tipe Kepemimpinan)

Metode Pembelajaran Card Short dan Role Playing (Karakteristik, Langkah-langkah, Kelebihan dan Kekurangan)